Pages

Kamis, 13 Januari 2011

Dukung "Komodo"!!!!

       
         Sebagai salah satu warisan alam Indonesia, Pulau yang menjadi habitat asli Varanus Komodoensis ini patut menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Pulau yang secara administratif termasuk dalam kawasan Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai barat, Provinsi Nusa tenggara Timur ini pada tahun 2009 masuk dalam 28 nominasi New Seven Wonders of Nature mengalahkan 77 peserta dari seluruh dunia. Hal ini tentunya patut menjadi perhatian tersendiri bagi kita setelah Candi Borobudur tidak lagi masuk 7 keajaiban dunia.
          Komodo yang termasuk famili biawak Varanidae ini pertama kali didokumentasikan oleh orang Eropa pada tahun 1910. Namanya meluas setelah tahun 1912, ketika Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor mempublikasikan paper tentang komodo seletah menerima foto dan kulit reptil ini.Komodo sendiri merupakan kadal terbesar di dunia dengan panjang sekitar 2-3 meter. Hingga Agustus 2009 terdapat sekitar 1300 ekor komodo yang hidup dan berkembang biak dengan baik di Pulau Komodo.



        Selain terdapat habitat Komodo, ternyata pulau ini memiliki perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air. Dasar laut perairan Komodo adalah salah satu yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembul daratan-daratan kering yang berbukit karang dan membuat perairan ini menjadi tujuan untuk menyelam para turis mancanegara untuk menikmati keindahannya.
        Di pulau ini juga terdapat eksotisme flora yang beragam. Seperti kayu sepang yang dijadikan warga sekitar sebagai obat dan pewarna pakaian. Ada juga pohon nitak atau sterculia oblongata diyakini berguna sebagai obat juga dan bijinya dapat dimakan karena gurih seperti kacang.



        Namun sungguh disayangkan. Dari informasi terakhir, pulau yang berbatasan langsung dengan Provinsi nusa Tenggara Barat ini terlempar ke posisi 3 terendah. Untuk itu Vote for Komodo sekarang juga secara online di situs New7Wonders.com. Hasil pilihan kita akan diumumkan pada 31 Desember 2011.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar di sini..